Monday, August 15Magelang Online
Shadow

RST Dr. Soedjono Magelang

rst-magelangSejarah Rumkit Tk II dr. Soedjono tidak dapat dipisahkan dari derap sejarah perjuangan Bangsa Indonesia, baik pada masa-masa perjuangan kemerdekaan yang ditandai dengan perjuangan fisik melawan penjajah, maupun perjuangan dalam megisi kemerdekaan yang ditandai dengan upaya-upaya peningkatan pelayanan kesehatan melalui kemajuan ilmu dan teknologi.

Rumkit Tk II dr. Soedjono ddidirikan tahun 1917 oleh pemerintah Belanda sebagai rumah sakit militer yang dipimpin oleh seorang dokter Belanda. Selain merawat penderita Belanda, rumah sakit ini juga melayani masyarakat umum dengan membawa pengantar dari aparat desa. Pada awal tahun 1942, yaitu masa penjajahan Jepang, rumah sakit berada dalam kekuasaan Jepang dan hanya khusu merawat tentara Jepang.

Pada tahun 1945, setelah Jepang menyerah, rumah sakit ini berubah menjadi rumah sakit PMI dan sejak 1 Januari 1947 rumah sakit PMI berubah menjadi RSU Wates Magelang. Pada tanggal 1 Maret 1948 RSU Wates diserahterimakan dari pemerintah kepada DKT Divisi III dan diganti namanya menjadi Rumah Sakit Tentara III yang dipimpin oleh Kolonel dr. Soetomo yang kemudian pada tanggal 1 November 1974, nama rumah sakit diganti menjadi Rumah Sakit dr. Soedjono. Nama ini diambil untuk mengabadikan nama Letkol dr. Soedjono, seorang dokter Brigade Kuda Putih yang gugur ditembak oleh Belanda di Desa Pogalan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang.

 

Alamat RST Dr. Soedjono Magelang
Jl. Oerip Soemohardjo No. 48, Magelang
Telp. : (0293) 363061

3 Comments

  • ani

    apa saja persyaratan yang harus dipenuhi bagi calon siswa baru dari luar provinsi untuk dapat masuk di SMK RST Magelang ini?

  • Pak daftarin bapak saya karna rumah jauh.bapak saya sering sakit pliyeng dan tulangnya kering jadi jalan sakit.tolong bapak saya didaftarin by online atau by nomor daftaran.saya di perumahan bumirejoindah.jl borobudur 30 a.mungkid magelang 56511

  • Sardjono Danardi

    Aslm WrWb,
    Untuk meluruskan informasi Sejarah RS dr Sudjono, bahwa perubahan nama dari RST Magelang menjadi RST dr Sudjono adalah tahun 1973 ( bukan 1974) bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan , oleh karena kami sebagai putra tunggal Alm saat itu yang ikut hadir diundang & membuka selubung Nama RST dr Sudjono.
    Demikian sebagai koreksi untuk menjadi perhatian hendaknya.
    Kami juga akan mengirimkan Ringkasan Riwayat Hidup Almarhum melalui e-mail .
    Diinformasikan juga bhw nama LetKol dr Sudjono berkaitan erat dgn nama RSUD KRMT Wongsonegoro di Semarang , dimana Alm adalah salah satu mantu dari Mr Wongsonegoro ( Gubernur Jawa Tengah 1945-1949; Pelaku Pertempuran 5 hari Semarang, mantan beberapa Menteri thn 1949-1955, Kabinet Ali-Wongso dll )
    Demikian informasi ini disampaikan untuk menjadi perhatian masyarakat adanya.

    Waslm WrWb
    Ir.Sardjono Danardi,BE,QIA

Leave a Reply

Your email address will not be published.