Sunday, July 21Magelang Online
Shadow

Komunitas Kota Toea Magelang

komunitas kota tua magelang postApabila kita sering berkeliling di daerah magelang pasti secara tidak sadar kita sering melihat bangunan-bangunan tua peninggalan belanda yang masih terawat atau ditempati maupun bangunan yang sudah ditinggalkan dan tidak terawat. Bangunan-bangunan tua semakin tidak terawat karena pemerintah setempat kurang memperhatikan kebedaran bangunan tua di kota magelang. Berawal dari situlah maka sekelompok orang yang peduli terhadap keberadaan bangunan tua di magelang tergerak dan mendirikan sebuah komunitas pecinta bangunan tua bernama Komunita Kota toea Magelang.

Berikut kami kutip sedikit informasi dari website resmi komunitas kota toea magelang;

Komunitas Kota Toea Magelang (Pedjinta dan Pelestari Bangunan Toea di Kota Magelang)

Sesuai dengan nama dan semboyannya. Komunitas ini merupakan sekelompok masyarakat yang peduli, dan berupaya untuk menggali dan melestarikan nilai yang ada di setiap peninggalan sejarah baik itu yang berupa bangunan dan budaya lainnya.

Selain nilai arsitektur yang tinggi, bangunan yang didirikan pada masa kolonial Belanda mengandung nilai sejarah terbentuknya Indonesia khususnya Kota Magelang. Bukan maksud hanya terjebak dengan kejayaan masa lalu, namun dengan lebih berusaha menggali semangat dan ilmu yang dipunyai oleh para pendahulu kita bisa kita akomodir dan menjadi sebuah semangat untuk membawa Kota Magelang ini lebih maju.

Karena menurut pepatah Bangsa Yang Besar Adalah Yang Menghargai Sejarah.

Komunitas ini tidak hanya menitikberatkan pada bangunan tua berupa peninggalan jaman Hindu, Budha, Islam, Tionghoa ataupun Kolonial, namun juga mengulik info berupa heritage/pusaka yang bersifat intangible seputar Magelang dan sekitarnya.

KOTA TOEA MAGELANG mulai berdiri pada bulan November 2008 di Magelang. Beberapa even yang pernah di selenggarakan bisa berupa diskusi, sarasehan, jelajah, pameran, perawatan bangunan tua, hunting, pendokumentasian, pengarsipan dll.

KOTA TOEA MAGELANG mempunyai slogan:
“SAVE HERITAGE & HISTORY IN MAGELANG”

Beberapa even yg pernah diadakan adalah:
– Pameran Magelang Tempo Doeloe,
– Djeladjah Kota Toea,
– Remboeg KOTA TOEA,
– 89 Taoen Mertjoe Aer Minoem,
– Remboeg Sedjarah,
– Djeladjah Plengkoeng
– Perbioskopan Magelang
– Djeladjah Djaloer Spoor,
– 100 Tahoen Boemi Poetra,
– 100 Tahoen SMPN 1 Magelang
– Djeladjah Kali Manggis,
– Djeladjah Sitoes dan Tjandi Di Setjang,
– Kaoeman : Kampoeng Tempo Doeloe, dll.

Saat ini komunitas kota toea magelang masih eksis dengan kegiatan-kegiatan unik yang tentunya seru dan berhubungan dengan keberadaan bangunan tua di magelang. Anggota komunitasnya pun semakin bertambah seiring banyaknya orang yang semakin peduli dengan keberadaan bangunan tua di kota magelang. Nah untuk informasi lebih lengkap atau misalkan ingin bergabung bisa langsung mengunjungi blog resmi komunitas kota toea magelang di bawah artikel ini.

Source: www.kotatoeamagelang.wordpress.com

image source:

 Grup facebook KOTA TOEA MAGELANG

www.kotatoeamagelang.wordpress.com

 

1 Comment

  • Amiruddin

    Saya senang melihat arsitektur bangunan tua,kerajaan,benteng, dls…. kalau di luar negeri bangunan tua dijaga betul apalagi yang bernilai historis, akan dilestarikan untuk anak cucu.di Gombong, kebumen ada benteng van der wijck, sekarang dikelola indopower, yah cukup terawat. Namun sayang diatas benteng tersebut dipasang rel kereta untuk wisata keliling beteng, saya khawatir getaran kereta akan mempercepat kerusakan beteng itu, karena getaran roda kereta, rel kereta dan paku rel yang menembus pasangan bata pada atap, oleh karena itu kami mohon bantuan komunitas bangunan toea kota magelang untuk meninjau kelayakan kereta yang siletakkan diatas beteng tua berusia 200 th di th 2018.kemarin saya ambil foto benteng tsb. Saya akan kirim ke email siapa ya??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *