Monday, January 27Magelang Online

“Adipura” Lagi untuk Kota Magelang Tahun ini?

Kota Magelang kembali masuk dalam nominasi penerima penghargaan bergengsi yang diadakan oleh Kementrian Lingkungan Hidup Republik Indonesia yaitu Piala Adipura Kencana. Dalam perebutan penghargaan ini Kota Magelang bersanding dengan beberapa kota besar lainnya di pulau Jawa antara lain Kota Surabaya, Kota Tangerang, Kota Balik Papan, Kota Madiun, Kota Malang dan 16 kota lainnya yang juga masuk ke dalam daftar nominasi penerima penghargaan Adipura Kencana.

piala adipura magelangKepala Kantor Lingkungan Hidup Kota Magelang meng-amini adanya kabar baik ini. Kementrian Lingkungan Hidup Republik Indonesia secara langsung melalui surat menyampaikan perihal nominasi penghargaan Adipura Kencana tersebut.

Sebagai tindak lanjut dari surat tersebut maka pada tangga 21-28 Mei tim dari pertimbangan piala Adipura melakukan kunjungan langsung ke Kota Magelang. Keberhasilan Kota Magelang masuk dalam nominasi bergengsi ini tidak lepas dari inovasi kampung organik yang saat ini sudah menyebar dibeberapa sudut kampung di Kota Magelang. Pada awalnya kampung organik ini dibentuk di kelurahan Wates dan terus menyebar hingga total kurang lebih terdapat 27 titik lokasi kampung organik di Kota Magelang.

10 kampung organik yang dibentuk merupakan hasil dari kesadaran dan swadaya warga kampung sedangkan sisanya masih mendapat anggaran dari APBD Kota Magelang.

Apakah Kota Magelang kembali akan memperoleh penghargaan piala Adipura? Dengan banyaknya penataan dan pengembangan yang telah dilakukan pemkot Magelang hingga saat ini tentu saja yang menjadi kunci penting atas kebersihan dan ketertiban kota adalah warga kota itu sendiri. Dengan memiliki kesadaran dan kepedulian akan lingkungan oleh warga masyarakat di Kota Magelang, piala Adipura Kencana pastinya bukan merupakan hal yang mustahil untuk didapatkan Kota Magelang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *